Memberikan Contoh Nutrisi Yang Baik Buat Anak-Anak

veggies1                                                             1ae917bc7184ed84cbe48a0261dc9971

Gizi Anak: Memberikan Contoh Nutrisi Yang Baik Buat Anak-Anak

Oleh Susan Bowerman , MS , RD , CSSD

Berbicara mengenai memberi makan anak-anak mereka , orang tua pasti memiliki tujuan terbaik . Tetapi kebanyakan dari mereka memiliki gaya hidup yang sibuk yang tidak selalu memungkinkan cukup waktu untuk berbelanja , perencanaan makanan atau memasak .

Orang lain mungkin tidak menyadari bahan atau metode memasak yang sehat, dan dapat bergantung pada makanan berlemak atau bertepung sebagai bahan dasar untuk makanan . Ditambah dengan kebiasaan makan pilih-pilih yang tampaknya begitu umum di kalangan anak-anak , tak heran bahwa anak-anak biasanya tidak makan sebagaimana mestinya .

Kebiasaan Menurut Usia

Anak-anak yang lebih muda sering mempunyai sejumlah makanan yang mereka tolak untuk makan . Anak-anak bisa cerewet bukan hanya tentang rasa makanan , tapi juga tentang suhu dan tekstur makanan tersebut. Dan mencoba untuk menyuruh anak-anak untuk makan sayuran bisa menjadi pekerjaan yang memerlukan ketekunan

Kebanyakan anak-anak lebih memilih makanan yang lezat dan tinggi kalori , dan ini cenderung berupa makanan yang murah , tersedia secara luas dan sering lebih lezat untuk dimakan . Anak-anak yang lebih tua sering penuh dengan aktivitas, yang mungkin berarti banyak barang-barang serba nyaman dan makanan cepat saji , tapi waktu makan mereka tidak menentu. Kadang-kadang beberapa menit ekstra untuk tidur di pagi hari lebih menarik daripada sarapan yang sehat sebelum sekolah .

Menurut Luigi Gratton , MD , dokter klinis di University of California , Los Angeles , ada beberapa taktik yang orang tua dapat gunakan dengan anak-anak mereka untuk membantu mereka makan lebih baik .

“Menetapkan contoh yang baik adalah langkah pertama yang baik , ” kata Gratton . ” Orang tua harus berusaha untuk menunjukkan kebiasaan makan yang sehat kepada anak-anak mereka , dan ini termasuk memiliki waktu makan yang teratur . ” Ia juga mengatakan bahwa anak-anak lebih mungkin untuk makan buah-buahan dan sayuran yang sehat ketika mereka mengambil bagian dalam belanja dan persiapan makanan sehari-hari.

Strategi Kemenangan

Anak-anak juga lebih cenderung untuk makan makanan yang sehat ketika mereka ditawarkan secara sering dan teratur . Memberikan sayuran berulang-ulang , misalnya , adalah salah satu cara untuk mendorong anggota keluarga Anda untuk mencoba makanan baru . Hal ini juga membantu untuk membuat makanan terlihat nyata dan tersedia selalu . Cobalah sediakan semangkuk buah segar di meja dapur , atau menempatkan sayuran potongan yang renyah dalam lemari es .

Pendekatan lain untuk meningkatkan asupan sayuran adalah dengan menambahkan sayuranke makanan yang anak-anak Anda sukai. Misalnya sayuran dimasak bubur dapat ditambahkan ke saus pasta. Ini dapat meningkatkan gizi dan mengurangi jumlah kalori secara. Sayuran yang dimasak juga dapat ditambahkan ke sup , semur , casserole dan roti daging – menambahkan gizi dan rasa.

Cemilan yang tepat baik untuk anak-anak yang bertumbuh , dan makanan ringan yang dipilih dengan baik dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi . Tetapi jika cemilanberupa item tanpa kalori dan item manis atau asin, pertimbangkan untuk menawarkan buah-buahan , sayuran , kacang-kacangan atau kacang kedelai , yoghurt atau puding rendah lemak sebagai gantinya.

Haluskan makanan

Anak-anak juga menikmati smoothie , dan produk-produk seperti Herbalife protein shake – yang dirancang untuk dicampur dengan susu – menyediakan cara lezat untuk membantu anak-anak memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral sehari-hari  mereka sebagai camilan atau bagian dari makanan utama yang sehat . Sedikit protein membantu untuk mengekang nafsu makan dan membatasi keseringan ngemil pada item kurang sehat .

Meskipun upaya terbaik orangtua , diet anak-anak mungkin masih gagal dalam nutrisi kunci tertentu . ” Sebuah suplemen harian dari vitamin dan mineral dapat membantu untuk melengkapi setiap kekurangan gizi potensial dalam makanan , dan dapat bertindak sebagai jaring pengaman , ” kata Gratton . ” Carilah produk yang sesuai dengan usia , yang menargetkan kebutuhan untuk usia tertentu anak . “